PENGARUH TAX AVOIDANCE JANGKA PANJANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Download / Jurnal Pajak

PENGARUH TAX AVOIDANCE JANGKA PANJANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

PENGARUH TAX AVOIDANCE JANGKA PANJANG
TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Pajak merupakan sumber penerimaan negara dan memiliki peranan sebagai sumber dana bagi pembiyaan negara dari sektor nonmigas, sehingga peranan pajak seharusnya ditingkatkan secara optimal dalam rangka mempercepat laju pertumbuhan di Indonesia. Tax avoidance merupakan upaya wajib pajak untuk tidak melakukan perbuatan yang dikenakan pajak atau upaya-upaya yang masih dalam kerangka ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan untuk memperkecil jumlah pajak yang terhutang.Hanlon (2010) mendifinisikan tax avoidance sebagai pengurangan jumlah pajak eksplisit, dimana tax avoidance merupakan rangkai aktivitas perencanaan pajak.tax avoidance dapat menggambarkan suatu bentuk permasalahan keagenan, dimana keputusan manager dapat mencerminkan adanya kepentingan pribadi manager dengan adanya pemisahan kepemilikan dan pemisahan pengendalian. Dengan memahami bagaimana governance terkait pada tax avoidance, akan diperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai bagaimana cara kerja governance dalam jangka panjang dan jangka pendek.

Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian yang dilakukan oleh Dryeng et al (2008), yang mengkaji tetang tax avoidance perusahaan dalam jangka panjang. Dyreng et al menyatakan bahwa pengukuran tax avoidanceyang tepat bagi perusahaan adalah secara janga panjang.Perhitungan dalam jangka panjang diharapkan mampu menghapuskan permanent difference sehingga benar – benar mencerminkan perilaku tax avoidance yang dilakukan oleh perusahaan.di Indonesia, serta faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku tax avoidance jangka panjang yang dilakukan oleh perusahaan – perusahaan di Indonesia. Selain itu, bagaimana pengaruh dari tax avoidance jangka panjang yang dilakukan oleh perusahaan terhadap nilai perusahaan menjadi hal yang akan dibahas dalam penelitian ini.

Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terletak pada kajian lebih lanjut mengenai value relevance dari tax avoidance jangka panjang yang dilakukan oleh perusahaan. selain itu. Penelitian mengenai tarif pajak efektif dalam jangka panjang belum pernah dilakukan di Indonesia sehingga dapat memberikan tambahan informasi mengenai kondisi perpajakan di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2001 sampai dengan 2011.Kontribusi dari penelitian ini adalah menambah literatur terkait tax avoidance di Indonesia dalam jangka panjang, sehingga dapat menjadi evaluasi atas aktivitas tax planning yang dilakukan oleh perusahaan publik di Indonesia.Selain itu juga menjadi tambahan literatur atas faktor yang mempengaruhi tax avoidance jangka panjang serta pengaruhnya terhadap nilai perusahaan.

[su_button url=”https://drive.google.com/open?id=0B-uYSqtGPj4ZdnVFdmNUUnR5LW8″ target=”blank” style=”flat” background=”#f33333″ size=”8″ center=”yes” radius=”0″ icon=”icon: cloud-download”]DOWNLOAD[/su_button]

Leave your thought here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Klik disini