Bahas dan Kupas DJP Online, E-Filing, E-Billing dan Layanan PJAP

Educipta - Layanan Mitra DJP PJAP Pajak 2020Direktorat Jenderal Pajak (disingkat DJP) adalah salah satu direktorat jenderal di bawah Kementerian Keuangan Indonesia yang mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan. – Sumber: Wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/Direktorat_Jenderal_Pajak.

DJP lebih terasa keren dan seakan lebih modern sejak Reformasi Perpajakan Jilid III yang dilakukan oleh 5 pilar sekaligus. Reformasi di bidang pelayanannya sudah lebih baik, dengan dirilisnya (aplikasi) pelayanan pajak secara online seperti e-Faktur, e-Reg NPWP, DJP Online dan pihak ketiga sebagai PJAP.

 

Pajak.go.id

Educipta - djp

Gambar website direktorat jenderal pajak (djp)

Pajak.go.id adalah domain resmi Direktorat Jenderal Pajak, Anda biasa mengaksesnya dengan mengetik https://pajak.go.id melalui web browser. Melalui website tersebut informasi dan kebutuhan perpajakan disajikan, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Kring Pajak ke nomor (021) 1-500 200 atau melalui Live chat di sebelah pojok kanan bawah website.

Educipta - Kring Pajak

Bagi saya, pertama kali melihat website pajak ini sudah mengetahui dengan engine apakah website ini dibangun yaitu dengan memanfaatkan Content Management Content (CMS) Drupal. Namun, saya memahami pasti hal itu dilakukan untuk mengkombinasikan / memanfaatkan fitur – fitur CMS tersebut dengan programming customnya.

Apa Yang Dimaksud DJP Online

Menurut Wikipedia, DJP Online adalah salah satu aplikasi pajak online dari Direktorat Jenderal Pajak yang fungsinya memberikan fasilitas kepada Wajib Pajak untuk lapor SPT Pajak atau pembayaran pajak secara online melalui aplikasi e-filing & e-Billing Pajak. Sumber: Wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/DJP_Online.

Untuk mengakses DJP Online Anda cukup mengakses URL pajak.go.id atau djponline.pajak.go.id melalui web browser dari komputer atau smartphone Anda.

Jika Saya Belum Mempunyai NPWP, Apakah Bisa Daftar Secara Online?

  • E-Registration NPWP

Gambar Dashboard Pendaftaran NPWP

Gambar Dashboard Login Pendaftaran NPWP

Bisa, DJP juga mempunyai fasilitas e-Registration NPWP, untuk mengaksesnya silahkan kunjungi URL https://ereg.pajak.go.id. Melalui e-Reg ini Anda bisa melakukan pendaftaran NPWP secara online dan setelah selasai maka NPWP akan dikirim ke alamat Anda. Namun, Anda tidak otomatis terdaftar di DJP Online.

 

  • E-FIN

Agar bisa menikmati layanan yang ada di DJP Online Anda perlu E-FIN atau Electronic Filing Identification Number, yaitu  sebuah kode unik yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar atau KPP terdekat yang berfungsi untuk keamanan dalam transaksi pajak secara elektronik.

Cara Mendapatkan dan Aktivasi E-FIN

Cara mendapatkan E-FIN cukup mudah yaitu:

  1. Membawa KTP, NPWP (KITAS/P bagi WNA) Asli dan fotocopy, alamat Email dan nomor handphone aktif
  2. Datang ke Kantor Pelayanan Pajak terdaftar
  3. Mengisi formulir permohonan E-FIN (download disini) dengan data sebenarnya dan lengkap
  4. Menyerahkan formulir kepada petugas (mungkin butuh mengantri)
  5. Petugas mencetak E-FIN
Gambar Verifikasi EFIN

Gambar Verifikasi EFIN

Perlu diperhatikan, Akun email dan kode E-FIN yang Anda dapatkan harus segera dicatat ke notes kertas, notes di handphone atau laptop untuk mengantisipasi lupa atau kehilangan. Mungkin cara ini bisa saja Anda acuhkan, namun 7 dari 10 orang akan sulit mengingat kode E-FIN-nya sendiri. Apakah Anda juga? :)

Kemudian, jika Anda menggunakan komputer yang berpotensi digunakan juga oleh selain Anda, maka jangan pernah menyimpan akun login (remember me) di web browser.

Permohonan E-FIN tidak bisa diwakilkan atau dikuasakan walaupun oleh pasangan Anda, kecuali bagi perusahaan yang melakukan permohonan E-FIN secara kolektif.

 

Cara aktivasi E-FIN juga cukup mudah, setelah Anda mendapatkan E-FIN silahkan lakukan aktivasi melalui halaman Pendaftaran Pengguna DJP Online atau melalui URL https://djponline.pajak.go.id/registrasi. Masukkan Nomor NPWP, Kode E-FIN dan masukkan Captcha, kemudian klik tombol aktivasi.

Jika Anda belum mendapatkan aktivasi yang dikirim melalui email (yang Anda daftarkan di permohonan E-FIN), silahkan kirim ulang aktivasinya melalui halaman Kirim Ulang Link Aktivasi atau melalui URL https://djponline.pajak.go.id/resendlink dan isilah fields yang disediakan.

 

Fungsi DJP Online

Fungsi dari DJP online yaitu sebagai media untuk menyampaikan SPT Tahunan secara elektronik berbasis website. Saat ini terdapat 4 (empat) fitur atau layanan yang terdapat di DJP Online yaitu E-Filing, e-Billing, e-Bupot, e-Form dan Info KSWP.

 

Apa Yang Dimaksud E-Filing

E-Filing adalah salah satu layanan pajak yang dapat diakses melalui DJP Online. E-Filing juga dapat di akses melalui mitra resmi DJP, yang nanti akan dibahas selanjutnya. Untuk menikmati layanan e-filing Anda bisa cari melalui google dan ketikkan DJP Online atau dapat mengetik URL efiling.pajak.go.id maka akan diarahkan ke halaman e-filing, namun tentu Anda harus login terlebih dahulu.

Warkim Rapii - DJP Online Pajak - djponline.pajak.go.id

Gambar Dashboard DJP Online – pajak.go.id

 

Fungsi E-Filing

E-Filing (pajak) adalah salah satu cara penyampaian SPT secara elektronik. Lebih mudah, lebih cepat, lebih aman. Saat ini, E-Filing yang ada di DJP online hanya bisa menerima pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan. Mungkin suatu saat pelayanan E-Filing bisa melaporkan jenis pajak seperti SPT Masa dan layanan pajak lainnya.

 

Apa Yang Dimaksud E-Billing

E-Billing (pajak) adalah sistem penerbitan kode pembayaran pajak secara elektronik. E-Billing juga merupakan salah satu layanan yang terdapat di DJP Online yang nantinya akan diarahkan ke halaman Surat Setoran Elektronik (SSE), jadi untuk adapat mengakses e-billing Anda harus login ke DJP Online atau langsung ke SSE.

Sebelum dikeluarkannya layanan e-Billing atau surat setoran elektronik, pembuatan Surat Setoran Pajak (SSP) dilakukan melalui lembaran SSP. Lembaran SSP berisi 5 (lima) rangkap menggunakan kertas karbon, sebelum mendapatkan NTPN dan lapor pajak lembaran SSP ini akan diisi, ditandatangani dan di stempel, setor ke bank dan bank akan mencetak NTPN / Pengesahan ke lembaran SSP tersebut.

Warkim Rapii - Kertas SSP

Gambar Kertas / Formulir Surat Setoran Pajak (SSP)

 

Fungsi E-Billing

Seperti yang sudah dijelaskan diatas fungi e-Billing (pajak) adalah sistem penerbitan kode pembayaran pajak secara elektronik. E-Billing akan menerbitkan Kode Billing atau ID Billing yaitu sebuah angka unik ( 15 digits) yang langsung bisa digunakan untuk menyetorkan / bayar melalui Bank persepsi. Masa berlaku kode billing adalah satu bulan sejak pembuatan kode billing.

Nomor Transaksi Penerimaan Negera (NTPN) adalah nomor yang dikeluarkan oleh Bank yang dapat digunakan untuk (mengisi) bukti pembayaran pada SPT.

Educipta - Layanan SSE Tidak Berlaku Lagi Mulai 1 Januari 2020

 

Apa itu PJAP

Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) adalah pihak yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak untuk menyediakan jasa Aplikasi Perpajakan bagi Wajib Pajak dan dapat menyediakan jasa Aplikasi Penunjang bagi Wajib Pajak.

Saat ini jumlah PJAP yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak ada 9 (Sembilan) antara lain:

 

wdt_ID NAMA BADAN HUKUM WEBSITE RECOMMEND
1 Online Pajak PT Achilles Advanced Systems Online-pajak.com
2 Pajakku PT Mitra Pajakku Pajakku.com
3 KlikPajak PT Jurnal Consulting Indonesia Klipajak.id
4 Bank BNI PT Bank Negara Indonesia (Persero),Tbk Aspbni.bni.co.id
5 SobatPajak PT Nebula Surya Corpora Sobatpajak.com
6 Bank BRI PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk Efiling.bri.co.id
7 Sarana Prima Telematika PT Sarana Prima Telematika Spt.co.id
8 PWC PT Prima Wahana Caraka Pwc.com
9 Sipajak PT Hexa Sarana Intermedia -

 

Fungsi Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP)

Fungsi PJAP adalah sebagai pilihan penggunaan layanan untuk menyampaikan laporan pajak baik tahunan maupun masa dan layanan perpajakan lainnya. Jadi, jika terjadi masalah di layanan DJP Online Anda bisa memanfaatkan PJAP yang terdaftar untuk menunjang aktivitas perpajakan.

PJAP menyelenggarakan layanan penyediaan aplikasi perpajakan yang terdiri atas:

  1. Pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan
  2. Penyediaan aplikasi penerbitan dan penyaluran Bukti Pemotongan elektronik
  3. Penyelenggaraan e-Faktur Host-to-Host (H2H)
  4. Penyediaan aplikasi pembuatan Kode Billing
  5. Penyediaan aplikasi Surat Pemberitahuan (SPT) dalam bentuk dokumen elektronik, dan
  6. Penyaluran SPT dalam bentuk dokumen elektronik.

 

Demikian pembahasan ini, apabila ada manfaatnya dan menambah pengetahuan untuk Anda silahkan bagikan atau mengisi kolom komentar dibawah. Sampaikan kekeliruan penulis melalui komentar atau email, kami ucapkan terima kasih.

 

 

Comments

Klik disini